Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Belajar PHP

Kali ini saya mau berbagi alasan penting kenapa kita belajar PHP. Sebenarnya sih tidak ada patokan harus belajar bahasa pemograman yang mana. Tetapi karena sebagain besar sekarang banyak proyek yang berbasis PHP, ya kenapa tidak. Sekali belajar, bisa kepakai untuk mengerjakan proyek.
Mau tahu lebih detil alasan keduanya?
(Wajib Share)

Baik ini dia, alasan mempelajari PHP adalah ia berfungsi sebagai jembatan atau gerbang ke bahasa yang lain. Hmm, Bagaimana ceritanya?

Begini. Bahasa pemograman pada dasarnya adalah sebuah media realisasi sebuah ide program atau aplikasi. Seperi kanvas, kuas dan cat, maka seorang pelukis butuh untuk membentuk gambar monalisa. Nah seorang programmer, menggunakan bahasa pemograman untuk mewujudkan apa yang ada di kepalanya dalam bentuk sebuah aplikasi.

Nah, kalau sudah tahu PHP adalah bahasa pemograman, maka kita akan tahu implementasi dari algoritma yang kita buat untuk menyelesaikan masalah. Nah, saat sebuah keadaan memaksa kita untuk menggunakan bahasa lain seperti java, c, pascal, ruby atau bahasa lainnya, maka yang terjadi saat kita telah menguasai PHP adalah melakukan konversi.

Apa itu konversi? Perubahan bentuk perintah. Contoh misalkan kita mau menampilkan pesan di PHP, pakai echo "Hallo Dunia". Nah di Basic mungkin kita kenal Print, di Pascal ada writeln(), di C adalah WriteLine(), atau printf(). Nah disinilah konsep pemahaman kita di bahasa pemograman PHP akan sangat bermanfaat.

Kita akan menemukan konsep perintah lurus, yaitu inisialisasi variabel, baca variabel, atau perintah bercabang, if () {} else {} atau if () THEN ENDIF. Atau perintah Looping seperti FOR atau LOOP. Atau Fungsi function() atau echo() {} Nah semua ini dapat dikatakan sama. Menguasainya berarti telah menguasai 80% konsep dasar dari pemograman.

Nah, kalau sudah tahu yang seperti ini, kenapa tidak kita belajar PHP. Kuasai penuh. habis habisan, karena masih banyak bahasa baru yang lebih menantang dan tentunya "gajinya" atau "nilai projectnya" lebih tinggi.

Jadi? Jangan menertawakan orang yang baru belajar PHP. Karena tatkala ia sudah menguasainya, ia calon penguasa bahasa pemograman lainnya.

Post a Comment for "Kenapa Belajar PHP "